Kondisi perekonomian yang tidak menentu membuat para pelaku usaha kecil dan menengah harus lebih siap dalam perencanaan pengeluaran. Misalnya dalam hal biaya produksi, biaya operasional, sampai gaji karyawan harus diperhitungkan dan di rencanakan secara matang, agar efisiensi tetap terjaga tanpa harus berpengaruh pada kinerja perusahaan.

Dalam mengatur manajemen keuangan sebuah bisnis sebenarnya gampang-gampang susah. Anda tidak hanya membutuhkan daftar rincian kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan, namun juga harus memiliki jalan alternatif atau cara khusus untuk menekan beban pengeluaran.

 

Ilustrasi acc

1. Menerapkan Metode Iklan

Iklan menjadi salah satu komponen penting dalam memperkenalkan usaha dan sekaligus menarik lebih banyak konsumen. Sebuah perusahaan ada kalanya tidak berpikir panjang bila berurusan dengan hal ini sehingga rela mengeluarkan lebih banyak biaya agar nama produk muncul di media elektronik atau media cetak koran. Jika ini dibiarkan secara terus-menerus, bukan tidak mungkin rincian biaya bisa membengkak, dan mungkin mempengaruhi kondisi kestabilan keuangan.

Anda sebenarnya bisa memanfaatkan berbagai media yang lebih murah untuk mempromosikan perusahaan tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, seperti memanfaatkan media sosial atau media berbasis online lainnya. Maka dengan begitu, perusahaan tetap bisa mendapatkan lebih banyak konsumen tanpa harus membuang cukup banyak uang.

2. Merencanakan Pajak

Menjadi seorang entrepreneur atau pelaku usaha tentunya berbeda dengan halnya karyawan biasa yang mendapatkan penghasilan yang telah dipotong pajak. Anda harus mulai mengurus berbagai jenis pajak terkait usaha, yang harus dibayarkan tepat pada waktunya agar tidak terkena denda. Anda dapat menekan pengeluaran dari segi pajak ini dengan memakai jasa seorang konsultan profesional. Anda dapat meminta bantuan konsultan untuk menghitung estimasi pajak yang harus dibayarkan serta menanyakan secara detail tentang beberapa trik untuk mengurangi biaya tersebut.

3. Kurangi Penggunaan Kertas

Salah satu cara efektif dalam menekan biaya pengeluaran adalah dengan mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan. Cara alternatif lainnya dengan mengubah dokumen penting perusahaan ke dalam bentuk file. Selain tidak banyak memakan tempat juga lebih efisien dan mudah untuk mengaturnya, dengan tidak Anda sadari cara seperti ini turut mengurangi sampah, paling penting lebih sehat untuk lingkungan sekitar. Anda juga dapat memanfaatkan media penyimpanan berbasis online untuk menyimpan dokumen penting perusahaan.

4. Memperkerjakan Generasi Muda dan Pintar

Setiap perusahaan memang membutuhkan karyawan yang berpengalaman untuk menjaga kualitas dan kinerja perusahaan agar tetap maksimal juga berjalan sesuai harapan. Namun tidak ada salahnya apabila memperkerjakan pegawai yang belum mempunyai pengalaman, yang paling penting mempunyai potensi juga bersedia untuk terus belajar. Bukan hanya perusahaan Anda akan dipenuhi dengan semangat muda, namun Anda dapat lebih berhemat karena gaji karyawan kalangan menengah jauh lebih rendah dibanding kalangan profesional yang memiliki pengalaman.

5. Batasi Mempercantik Kantor

Pebisnis pemula yang baru saja merintis usaha biasanya terlalu fokus mendesain kantor sehingga rela mengeluarkan biaya lebih untuk sekadar membeli furnitur terbaru atau wallpaper. Jika Anda termasuk salah satunya, ada baiknya segera hentikan hal tersebut dan tetap fokus terhadap hal lain yang lebih penting. Sebenarnya Anda tidak memerlukan perlengkapan kantor dengan harga mahal, hanya untuk sekadar memenuhi gengsi semata karena sebenarnya kehangatan suasana dan kebersamaan dalam kantor juga turut berkontribusi memberikan kenyamanan bagi karyawan.

6. Mencoba Sistem Barter

Anda juga dapat mencoba menjalin kerjasama dengan teman, keluarga, atau rekanan profesional untuk lebih mempererat jalinan bisnis dengan menggunakan sistem barter. Contohnya, sebuah perusahaan di bidang teknologi informasi akan melakukan promosi lewat jejaring sosial sebagai ganti dari pemasangan iklan atau penyebaran brosur di berbagai tempat umum. .

7. Memaksimalkan Produk

Anda juga bisa melakukannya dengan cara memaksimalkan produk yang Anda jual, dengan mengetahui selera pasar, respon konsumen terhadap produk, serta estimasi biaya yang rela mereka keluarkan, dapat membantu Anda merancang produk maupun pelayanan dengan efisien. Rajin dalam melakukan survei terhadap pasar dapat membantu mengurangi biaya pengeluaran, karena Anda tidak perlu mencoba-coba untuk menciptakan sesuatu yang pada akhirnya gagal juga.

 

Artikel ini diolah dari berbagai sumber.