Seringkali, pengusaha melakukan pendekatan reaktif dalam meninjau aspek hukum bisnis mereka.

Namun hal itu dapat menyebabkan risiko kewajiban yang dapat dihindari, missed opportunities, dan skenario pajak yang kurang ideal. Ketika pemilik bisnis mengadopsi pola pikir “jangan perbaiki kecuali rusak”, mereka dapat saja melewatkan peluang dalam meningkatkan bisnis.

Di sisi lain, pengusaha yang melakukan checkup legal awal tahun mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan berdasarkan informasi tentang jenis badan usaha mereka, pemilihan pajak, dan aspek bisnis lainnya. Dalam tulisan ini, kami akan membagikan beberapa ceklis atau checkup legal yang layak dilihat — dan dapat dirundingkan dengan pengacara Anda — untuk memastikan bisnis Anda tetap berada di jalur yang paling sukses.

  1. Apakah bentuk badan hukum bisnis Anda masih menjadi pilihan yang tepat?

Banyak bisnis dimulai sebagai satu bentuk entitas, dan ketika mereka tumbuh menjadi lebih besar dan kompleks, mereka menemukan bentuk entitas lainnya yang berbeda yang akan lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Misalnya, seringkali bisnis satu orang dimulai sebagai kepemilikan tunggal/perseorangan untuk menjaga administrasi tetap sederhana dan tanggung jawab kepatuhan minimal, tetapi ketika mereka mempekerjakan karyawan, memperluas layanan, dan mendapatkan lebih banyak pelanggan, mereka memilih untuk membentuk CV atau PT atau bergabung untuk mendapatkan perlindungan kewajiban, fleksibilitas pajak, dan lebih banyak peluang pendanaan (misalnya, menarik investor atau mampu menjual saham).

  1. Apakah rasional untuk memperluas bisnis Anda ke daerah/kota lain?

Saat bisnis Anda telah terbukti di target pasar saat ini pastinya terlintas keinginan untuk melebarkan sayap bisnis Anda. Caranya dapat dengan menambahkan produk atau membuka layanan (kantor cabang) Anda ke daerah atau kota lain (atau luar negeri).

Adapun sebelum Anda melakukan perluasan bisnis, sangat penting untuk meneliti daerah/kota mana yang dapat menawarkan bisnis Anda peluang terbaik. Penting juga untuk mempertimbangkan apakah dengan terpenuhinya syarat dari bisnis Anda sekarang (pusat) oleh entitas baru atau asing di daerah/kota yang baru (cabang) akan menambah keuntungan Anda atau hanya memberi profit margin yang tipis?

  1. Apakah sekarang ini waktu yang tepat untuk memperluas portofolio produk dan layanan bisnis Anda?

Jika penambahan lini bisnis baru sudah ada dalam biz-wish Anda, tetapi iklim bisnis, regulasi dan peraturan atau faktor-faktor lain menghalangi Anda mengambil risiko, saatnya menilai kembali situasi bisnis Anda. Apabila hambatan di depan pintu masuk telah hilang, sekarang mungkin saatnya untuk mengkabulkan visi Anda.

  1. Apakah Anda memerlukan banyak tangan untuk menyelesaikan pekerjaan dalam bisnis Anda?

Jujurlah dalam menilai situasi kepegawaian Anda. Jika Anda dan karyawan atau kontraktor yang ada terlalu banyak bekerja dan kewalahan, mungkin Anda perlu mempertimbangkan penambahan staf atau freelancer untuk menyelesaikannya. Jika sumber daya manusia yang tidak memadai menyebabkan Anda kehilangan peluang, mencegah Anda dari memberikan layanan dan dukungan pelanggan yang baik, atau sebaliknya mengurangi kesuksesan bisnis Anda, maka segera atasi lebih cepat sebelum masalah membesar. Demikian juga, evaluasi tim Anda dan identifikasi di mana pengembangan profesional diperlukan untuk mempercepat kinerja yang kurang bersemangat.

Adapun ini adalah kali pertama Anda merekrut karyawan, pastikan Anda memahami undang-undang tentang ketenagakerjaan, peraturan lamaran kerja, wawancara, pengujian narkoba, dll.

  1. Apakah Anda sudah memenuhi tanggung jawab business compliance Anda?

Jalankan bisnis Anda disertai dengan kewajiban hukum yang berkelanjutan. Tanggung jawab khusus dan kapan kewajiban tersebut perlu diurus, akan berbeda-beda sesuai dengan di mana perusahaan berada dan struktur bisnisnya.

Di Indonesia, selain wajib melaporkan pajak bulanan dan tahunan tepat waktu, perusahaan juga wajib menyerahkan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) atas progress proyek investasi yang sedang berjalan ataupun yang sudah komersil secara bertahap kepada masing-masing Dinas Penanaman Modal daerah bisnis Anda beroperasi.

Adapun beberapa perusahaan mengadakan pertemuan tahunan untuk membahas jika terjadi perubahan terkait nama perusahaan, alamat bisnis, keanggotaan dewan direksi, format manajemen, jenis saham yang diterbitkan, atau modifikasi signifikan lainnya, di mana sebuah perusahaan harus melaporkannya kepada negara.

Juga, banyak lisensi dan izin (seperti izin bisnis lokal, izin pajak reklame, izin OJK, lisensi profesional, dll.) yang harus diperpanjang. Awal tahun adalah waktu yang ideal untuk memverifikasi situasi Anda yang seharusnya dilakukan pada tahun lalu dan siap untuk apa pun yang harus Anda lakukan dalam waktu dekat untuk tetap patuh dan dalam performa bisnis yang baik sepanjang tahun 2020.

Di mana meminta saran

Saat Anda mengerjakan ceklis ini, pertimbangkan untuk meminta saran atau arahan dari pengacara dan akuntan untuk membantu memastikan Anda membuat keputusan terbaik bagi perusahaan. Anda perlu melakukan apa yang harus Anda lakukan agar perusahaan/bisnis Anda tetap utuh secara hukum. Semakin banyak wawasan dan informasi dari ahli profesional yang Anda miliki, semakin baik posisi Anda untuk memajukan bisnis.

FMB & Partners Law Firm dapat membantu Anda dalam melakukan daftar periksa due diligence yang komprehensif pun membantu keperluan hukum serta legalitas mergers and acquisition bisnis Anda. Contact us for info and other legal practice at +62 21 5082 0033 or mail to mey@fmbpartner.com

_

Ikuti kami di akun resmi media sosial FMB Group:

Facebook Page

FMB Partner IG Page

FMB&Partner Law Firm IG Page