Fun-before-Work-FMBconsultant-wide

7 Tips Adaptasi Usaha saat Pandemi

Ketika bisnis kembali dibuka setelah PSBB pandemi Covid-19, saatnya lakukan adaptasi kebutuhan baru pelanggan. Untuk memanfaatkan waktu ini sebaik mungkin, kita mungkin perlu mengubah metode pemasaran atau investasi bisnis. Para pebisnis dari komunitas UMKM memiliki beberapa kiat untuk menavigasi perubahan ini. Baca terus untuk ulasan selengkapnya:

Kenali cara menangani kejenuhan karena Covid-19

Banyak pelanggan yang sudah mulai bosan mendengar bagaimana tanggapan perusahaan, pebisnis atau brand terhadap Covid-19. Jadi, ketika bisnis kembali dibuka oleh pemerintah, Anda perlu mencari cara untuk menyesuaikan bisnis Anda dengan kenyataan tanpa membuat kejenuhan bertambah.

Contoh yang dapat dilihat adalah bagaimana KFC berkontribusi pada kepatuhan protokol Normal Baru dalam menyambut kembalinya bisnis mereka.

Tingkatkan promosi/iklan saat krisis

Meskipun traffic maupun interest pelanggan meningkat pada strategi promosi bisnis yang sudah Anda lakukan sekarang, krisis ekonomi akan pandemik kemungkinan akan berlanjut bahkan jauh setelah bisnis Anda dibuka kembali.  Hal ini menyebabkan beberapa bisnis untuk mengurangi anggaran promosi/iklan mereka untuk menjaga kesehatan arus kas perusahaan agar berhasil melewati krisis ini. Terutama media cetak seperti koran dan majalah yang dapat dilihat dari sangat berkurangnya jumlah iklan yang muncul hingga tutupnya media tersebut.

Namun berlainan dengan hal tersebut, saat ini adalah saat yang tepat untuk meningkatkan investasi bisnis Anda. Bagi pebisnis dan pelaku usaha, iklan adalah jenis investasi berharga yang cermat, bisa dengan cara promosi atau pasang iklan di media yang tepat. Yaitu iklan pada media daring; iklan digital atau online yang dapat dilihat mengalami peningkatan selama krisis ini.

Jenis-jenis iklan online/digital ada beragam, di antaranya ada iklan banner (iklan dengan ilustrasi gambar dan sedikit tulisan) dengan berbagai ukuran dan banyak pilihan posisi iklan, yang mana biasanya ketika pembaca klik iklan banner tersebut akan diarahkan ke website perusahaan atau ke artikel media online, untuk mengetahui lebih jelas tentang apa pesan atau informasi yang ingin disampaikan.

Selain itu juga ada iklan jenis content marketing berupa advertorial, yang mana bisa dikemas secara soft selling maupun hard selling. Jika perusahaan Anda sudah berinvestasi dengan pasang iklan di media online, berarti Anda sudah berada di jalur yang tepat.

Jalankan bisnis Anda lebih efisien dari sebelumnya

Banyak bisnis kehilangan pendapatan dalam beberapa bulan terakhir, sehingga penyesuaian sangat diperlukan saat Anda bersiap meningkatkan operasional bisnis agar dapat buka kembali. Misalnya, meningkatkan efisiensi bisnis dengan bantuan teknologi seperti sistem operasi untuk keuangan dan manajemen bisnis Anda.

Buatlah acara virtual yang sukses

Bahkan dengan banyaknya bisnis yang telah dibuka Kembali, masih aka nada acara berskala besar yang perlu ditunda di masa mendatang. Ini berarti Anda perlu merencanakan kembali bagaimana acara Anda akan dilakukan pada masa sekarang. Hal ini dapat dilakukan dengan menyelenggarakan berbagai acara virtual atau online. Webinar, seminar online, konser virtual maupun campaign kolaborasi online sudah dilakukan oleh banyak brand, baik yang dikelola sendiri maupun bekerjasama dengan mitra.

Cek bagaimana bisnis lain menangani krisis

Ada banyak hal yang perlu dipelajari dalam menavigasi waktu yang tidak pasti ini bagi bisnis dan industri lainnya. Seperti gencar melakukan promosi digital, melakukan program edukasi, maupun kolaborasi.

Membentuk dana darurat

Jika pandemic belum menunjukkan pentingnya menjaga cadangan dana darurat, maka tidak ada yang bisa Anda lakukan. Jika ditanya mengenai ukuran dana darurat yang sesuai, saran umum adalah untuk memiliki dana setidaknya 3-6 bulan biaya operasional dasar sebagai dana darurat. Ini dapat mencakup biaya seperti sewa, utilitas, transportasi dan asuransi.Konsep dana darurat ini sangat penting baik untuk pebisnis maupun perorangan.

Perbaiki konten Brand Anda

Covid-19 telah mengubah hampir segalanya bagi pelanggan. Jadi, jika konten Anda yang dulu sudah tidak berlaku pada situasi saat ini, maka Anda tidak lagi relevan dalam melayani pelanggan maupun melakukan bisnis Anda. Konten atau isi pesan brand yang bersifat berkaitan dan konsisten dapat menarik dan mempertahankan pelanggan atau audiens yang sudah ditetapkan sebagai target pasar bisnis Anda.

Jika Anda memiliki saran bisnis untuk UMKM dan lainnya, silakan kirim tips Anda ke Komunitas FMB Group: sosmedfmb@gmail.com

_

Ikuti kami di akun resmi media sosial FMB Group:

Facebook Page

FMB Partner IG Page

FMB&Partner Law Firm IG Page

Add your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *