Meet the Team Interview

Meet the Team: Interview with Mey

Mari bertemu dengan Tim Konsultan kami. Tim konsultan kami mengerti betul bagaimana cara menyampaikan pengalaman super kepada setiap klien, setiap saat. Mereka bersemangat untuk mengeksplorasi permasalahan kompleks yang dihadapi klien setiap harinya. Mereka memahami permintaan yang diberikan dan selalu berusaha mencari cara untuk mengubahnya menjadi kemenangan untuk para klien.

ManagementSalah satu tim handal kami ialah Tim Legal. Mereka selalu ahead from its start dalam memastikan semua bisnis klien berjalan mulus. Bisnis tanpa gangguan birokrasi dan legalitas perusahaan yang rumit. Namun, apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi Senior Legal Consultant yang profesional menangani klien dari lintas industri, dari startup hingga perusahaan besar? Minggu ini, kami duduk santai bersama dengan Senior Legal Consultant, Mey untuk mendengar pengalamannya bersama FMB Partner dan bagaimana karirnya berkembang hingga sekarang.

__
Mey, sudah berapa lama Anda bergabung dengan FMB Partner dan bagaimana kesannya sejauh ini?

Sejak pertengahan tahun 2016. Kesannya menyenangkan karena di FMB Partner itu kita menjadi bos atas proyek kita sendiri. Juga yang paling penting, meskipun tanggung jawab kita otomatis lebih besar namun penghasilan di FMB Partner jelas jauh lebih menguntungkan ketimbang bekerja di perusahaan lain ataupun freelance.

Apa yang paling Anda sukai dari bergabung dengan FMB Partner?

Kerja yang bisa remote, jadi gak perlu ke kantor dan fleksibilitas soal fee karena kita bisa ambil load projects sesuai kemampuan. Also, I can say to a prospective client about “my office”. FMB Partner is our pride.

Rasanya seperti rumah sendiri ya. Boleh dijelaskan sedikit mengenai lingkup kerja Anda di FMB Partner?

Sebenarnya kerjaannya semua yang mencakup management of legal aspect. Seperti legal advise & consultation, review agreement, corporate legal practice, investasi dan pendirian PMA, due diligence, manpower, dispute settlement, legal research dan lainnya.

Jadi, menyediakan semua jasa kebutuhan hukum perusahaan dan bisnis. Lalu, masalah klien apa yang  sering Anda selesaikan melalui berbagai jasa legal yang ditawarkan?

Untuk klien kita paling sering bantu untuk pendirian PMA dan legal review agreement. Untuk PMA, kita gak hanya bantu bikin pendirian perusahaannya tapi juga ikut membuatkan skema bisnisnya. Karena terkadang klien punya ide-ide yang eksekusi secara bisnisnya sulit mereka ungkapkan. Seperti dari mana modalnya, alur uang masuk dan keluar, hukum-hukumnya juga pajaknya.

Ternyata lebih detil dan kompleks dari urusan legalitas perusahaan saja ya. Apakah itu yang menjadi ‘weapon’ utama jasa legal FMB Partner dengan jasa serupa lainnya?

Betul banget. Kita itu perusahaan one-stop services. Sehingga kalau aku lagi approach atau ketemu klien, aku juga bisa kasih tahu kalau kita punya jasa lainnya di keuangan, pajak, dan branding. Jadi permintaan klien bisa langsung terpenuhi kalau memang butuh jasa yang lainnya.

Kita juga terhitung lebih eksklusif dalam menangani klien. Ibaratnya seperti konsep butik, we offer a tailored service to each client. Kita berbeda dengan sistem perusahaan lain yang menerima banyak klien namun pukul rata kebutuhan bisnis mereka. Because I think, even though our clients are not over hundreds a month, we have the exclusive services and more stable in control.

Lebih stabil dan eksklusif dalam menangani klien tentunya akan mendatangkan kesulitan tersendiri. Apa yang menjadi tantangan terbesar bagi seseorang dengan posisi pekerjaan ini?

Tanggung jawab. Baik bila ada kesalahan dalam sistem, pengertian/penjelasan dari suatu prosedur legal, miskomunikasi tim maupun kesalahan pihak luar. Terutama juga tantangan untuk “menjual diri” kita di saat persaingan dengan perusahaan sejenis dan firma raksasa yang memiliki sistem besar dengan massive order.

Selain dari sisi pribadi, apa ada permasalahan yang sering ditemui oleh Anda atau rekan seprofesi, yang ingin Anda perbaiki?

Adanya temuan di lapangan yang menambah kesulitan project dan biaya ekstra.

Dengan tantangan dan tanggung jawab yang besar, hal apa yang mendorong Anda terus berkarir di profesi sekarang? Apa visi yang Anda miliki dalam menjadi Senior Legal Consultant?

Semuanya possible karena ke depannya aku ingin punya usaha sendiri tanpa pinjaman atau modal yang besar. Dengan gabung di FMB Partner, bisa bantu aku untuk menabung modalnya.

Semoga visinya terwujud dan selalu lancar ya. Dalam keseharian pekerjaan, adakah suatu hal yang tidak banyak diketahui rekan kerja tentang Anda?

Amin. Aku punya tipe kepribadian INTJ yang suka kerja perfeksionis yang kadang sulit bikin aku bisa percayakan sebagian tanggung jawab kerjaanku ke orang lain. Terutama ke orang yang baru aku kenal, kecuali dia sudah teruji profesional.

Barusan adalah pertanyaan terakhir. Terima kasih banyak untuk waktunya Mey, selalu sukses and we rest our case!

Hahaha, terima kasih. 


Untuk konsultasi hukum, legalitas atau pendirian bisnis Anda, dapat menghubungi Mey di: mey@fmbpartner.com.

Terima kasih untuk Anda yang baru saja membaca team interview perdana kami. Kami harap Anda menemukan tips, hal-hal menarik seputar karir dan cuplikan bagaimana budaya perusahaan kami. Sampai jumpa di wawancara tim selanjutnya!

Find our newest updates on FMB Partner official social media:

Facebook Page

Instagram Page

Add your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *