Community

Komunitas FMB Partner: SimCredit Indonesia, Leader in Airtime Credit System

Permintaan data seluler (airtime) di Indonesia telah bertambah berkali-kali lipat saat ini karena proliferasi ponsel pintar yang dimulai sejak 2012. Dengan semakin besar jumlah gawai (gadget) yang terhubung dengan internet, maka ada kebutuhan khusus untuk solusi data yang inovatif dan fleksibel.

Inovasi akses teknologi terus-menerus mendorong perusahaan telekomunikasi dan teknologi penyedia layanan cepat beradaptasi. Penyedia layanan seperti operator seluler pun berlomba untuk menawarkan solusi kredit data seluler yang menarik dan bersaing untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar yang terus berubah.

Pada wawancara kali ini, FMB Partner bertemu dengan Ika Isnaya, selaku Finance Executive PT Sim Kredit Sentt Nusantara (SimCredit Indonesia) untuk lebih mengenal industri operator telekomunikasi dan teknologi dalam negeri.

1) Apakah industri bisnis SimCredit?
Industri bisnis kami adalah penyedia alat telekomunikasi (telko), teknologi dan perlengkapannya.

2) Bagaimana cerita awal mula perusahaan SimCredit? Apa visi yang membangun SimCredit?
SimCredit adalah penyedia data seluler (airtime)  dan kredit data yang didirikan pertama kali dan kini menjadi perusahaan pusat di Republik Ceko, Eropa. SimCredit Eropa sudah berdiri dan mulai beroperasi sejak 2004. Dengan dinobatkannya SimCredit Eropa sebagai first telco data based microfinance solution pada 2015 , kami pun memperluas potensi pasar ke Asia Pasifik, yaitu Malaysia dan Indonesia.

Sehingga terbentuklah dua cabang perusahaan SimCredit Eropa yaitu SimCredit Asia Pacific Sdn. Bhd. di Malaysia, dan PT Sim Kredit Sentt Nusantara di Indonesia. SimCredit Indonesia sendiri mulai berdiri sejak 2016 dan mulai beroperasi pada 2017. Hingga kini kami sudah memiliki kerja sama dengan dua operator seluler terbesar di Indonesia, dan akan bertambah lagi pada 2019.

3) Apa nilai atau keunggulan yang dimiliki oleh SimCredit Indonesia?
SimCredit Indonesia dimulai dari visi yang percaya bahwa long-term retention akan lebih banyak menguntungkan daripada keuntungan jangka singkat. Kami tidak pernah memberi lebih dari apa yang pengguna atau partner kerja sama kami mampu bayarkan kembali.

Kami memenuhi ekspektasi industri telko dengan berada jauh di atas rata-rata, kami dapat memberikan 4 pinjaman airtime atau airtime data credit saat perusahaan pesaing hanya dapat memberikan 3.

Platform kami adalah yang paling baru dan canggih; dapat diintegrasikan ke sistem billing apapun. Kami juga hanya akan menawarkan model yang telah disesuaikan sebelumnya dengan KPI perusahaan klien dan membuatnya sesuai dengan produk serta layanan lainnya.

4) Bagaimana SimCredit dapat mengenal FMB Partner? Keuntungan apa yang dirasakan setelah menggunakan jasa FMB Partner?
Vice President Asia Pacific SimCredit kebetulan mengenal Bapak Ivan Liyanto dan langsung meminta bantuan jasa legal FMB Partner untuk mendirikan PT Sim Kredit Sentt Nusantara pada 2016.

Karena service yang cekatan dan saat itu sudah memasuki musim pajak, kami pun menambah jasa FMB Partner yang digunakan yaitu jasa perhitungan dan pelaporan pajak bulanan dan tahunan.

Hingga saat ini, SimCredit masih menggunakan kedua jasa tersebut karena FMB Partner sudah mengerti model bisnis dan kebutuhan kami yang rumit. Biaya jasa yang diberikan FMB Partner juga bersaing dengan perusahaan konsultan lainnya.

5) Akankah Anda merekomendasikan jasa FMB Partner? Jika ya, apa alasannya?
Ya tentu saja, pertama karena jasa yang ditawarkan tidak terbatas pada satu hal saja. Jadi segala kebutuhan perusahaan sudah ada, kami hanya tinggal minta quotation untuk jasa yang dibutuhkan. Secondly, FMB Partner fee is also not over the top, it is just right.

6) FMB Partner memiliki klien dari lintas industri. Kira-kira bantuan atau dukungan seperti apa yang dibutuhkan yang mungkin bisa dibantu oleh komunitas klien FMB Partner?
SimCredit Indonesia terbuka untuk kerja sama dengan operator telekomunikasi dan teknologi lainnya di Indonesia. SimCredit Indonesia juga tertarik dengan riset pasar dan marketing di industri telekomunikasi, dan teknologi  di Indonesia. We want to be the best telco provider with wide established network and net worth.

7) Adakah suatu hal yang tidak banyak diketahui orang tentang SimCredit Indonesia?
SimCredit Eropa, Malaysia dan Indonesia terus berinvestasi, berkontribusi untuk ide-ide dan para tim terbaik di bidang micropayments dan mobile technology. We bring the working models to mass markets across Asia where we have best access.

Kontak Perusahaan

Ika Isnaya
Finance Executive
PT. Sim Kredit Sentt Nusantara
ika@simcredit.com
www.simcredit.com

Find our newest updates on FMB Partner official social media:

Facebook Page

Instagram Page

Add your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *