nick-karvounis-barber

Komunitas FMB Partner: Barberbuzz Senopati, creative barber place

Salah satu bisnis di Indonesia yang tumbuh subur di balik populasi besar dan urbanisasi adalah barbershop (salon rambut). Barbershop menjadi salah satu contoh industri kreatif yang sedang booming karena adanya celah permintaan dari pria yang sebelumnya belum terpenuhi. Oleh karena itu, barbershop menjamur di kota-kota besar, khususnya di daerah yang dekat dengan perkantoran. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan para pekerja muda yang kian sibuk dengan rutinitasnya.

Minggu ini, FMB Partner bertemu dan berbincang dengan Wina, pemilik Barberbuzz Senopati, tempat barber bertema kreatif dengan servis berkualitas di daerah selatan Jakarta. Wina akan bercerita tentang pengalamannya di sektor industri ini dan perkembangan tren gaya rambut pria masa kini. Ingin tahu mengapa semua orang mengikuti tren usaha dengan konsep antik / vintage dan bagaimana kembali populernya janggut/berewok di kalangan pria ibukota? Inilah cerita Barberbuzz Senopati.

Awal bisnis ini dimulai dari Wina dan suami yang sudah ada rencana sebelumnya untuk membangun usaha. Namun mereka masih ragu untuk memilih usaha apa. Seiring dengan berjalannya waktu dan dengan ketersediaan lahan di rumah orang tua, maka bulatlah keyakinan mereka untuk merintis bisnis di industri kreatif-lifestyle.

Industri bisnis gaya hidup berkategori men’s grooming dipilih oleh Wina berdasarkan pengamatannya untuk usaha barber yang saat ini sudah mulai berkembang. Barberbuzz Senopati dibangun karena melihat peluang berkembangnya usaha barber dan belum adanya tempat barber berfasilitas lengkap dan trendi di sekitar lokasi (Senopati).

Usaha Barber juga Wina pilih karena terkadang salon penata rambut unisex / campuran untuk pria dan wanita tidak memiliki kemampuan khusus untuk mencukur rambut, janggut-berewok/facial hair atau tidak mengerti cara men-grooming pria. Barberbuzz Senopati sendiri adalah barber place yang bernuansa urban industrial, yang menyediakan jasa hair styling hingga hair treatment untuk pria semua umur.

Konsep Barberbuzz Senopati adalah Style – Socio – Techno – Creative Barber place. Barberbuzz Senopati mengedepankan konsep barber place daripada sekedar barbershop. Customer (mereka sebut dengan Buzzer) yang datang ke Barberbuzz Senopati juga akan menikmati cozy environment selagi melakukan perawatan. Untuk itu Barberbuzz Senopati diharapkan dapat menjadi ruang ideal bagi para pria untuk rileksasi sekaligus meningkatkan penampilan mereka tanpa merasa canggung.

Tentu dengan peluang usaha barber yang berkembang, Barberbuzz Senopati harus bersaing dengan barber atau salon lainnya. Wina pun menjelaskan kelebihan yang Barberbuzz Senopati miliki yaitu lokasi strategis di daerah Jakarta Selatan, ruangan yang dekoratif—bergaya urban industrial dan dengan tenaga barber yang handal. Adapun jasa Barberbuzz Senopati lengkap bervariasi dengan harga yang lebih terjangkau.

Kevin William untuk Barberbuzz Senopati

Kevin William untuk Barberbuzz Senopati

Memasuki topik tren lifestyle, kini begitu banyak barber place hip dan trendi bermunculan seperti Barberbuzz Senopati, Wina pun menjelaskan apa yang membuat hal ini menjadi besar dan tersebar luas. “Barber place saat ini menjadi salah satu usaha yang lagi tren di Jakarta, di mana barber place dapat memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya kaum pria atas kebutuhan akan penampilan yang maksimal” ujar Wina.

Saat ini, kebutuhan gaya rambut pria sangatlah berbeda dengan waktu dahulu. Para pria masa kini mulai menyukai pijat kepala, creambath. Mereka juga menumbuhkan janggut, berewok dan kumis, namun mereka kadang tidak tahu atau tidak sempat untuk mencukur dan menata facial hair mereka sesuai apa yang mereka inginkan.

Dimulai dari gaya yang biasa saja, kini, ketika sudah banyak tren untuk gaya rambut, facial hair dan men’s grooming, para pria ini pun mulai mencari suatu tempat yang dapat melakukan itu semua. Barber juga merupakan usaha yang dikenal di bidang jasa potong rambut pria segala usia yang berkualitas, nyaman dan memiliki fasilitas cukur yang lengkap.

BBS 1

@mputrasetia untuk Barberbuzz Senopati

Menurut Wina rambut tidak hanya merupakan mahkota wanita, melainkan juga throne bagi pria. Rambut menjadi hal yang sangat penting karena dapat mencerminkan kepribadian seseorang. Terutama untuk seseorang yang tinggal dan bekerja di ibukota. Selain penampilan dan gaya rambut, gestur dan senyuman seseorang juga dapat menjelaskan bagaimana sosok orang itu.

Bagi Barberbuzz Senopati, besarnya tren barber place saat ini tidak terlepas dari media sosial yang berperan penting bagi industri kreatif. Karena dengan adanya media sosial, dapat membantu dalam memperkenalkan Barberbuzz Senopati. Media promosi dan pemasaran juga dapat dilakukan dengan media sosial. Untuk saat ini Barberbuzz Senopati hanya memiliki akun Instagram sebagai media sosial dan marketing untuk Barberbuzz Senopati (@barberbuzzsenopati_id). Instagram dipilih karena dapat menggunakan fitur profil bisnis yang mudah dimengerti dan jasa influencer marketing dari FMB Partner yang lebih cocok dengan jenis usaha Barberbuzz Senopati.

Barberbuzz Senopati telah menggunakan jasa branding yaitu social media management dari FMB Partner sejak Februari 2018. “Dari segi offline, karena jasa ini juga termasuk dengan influencer marketing, tentunya ada peningkatan dari jumlah buzzer (customers) yang datang ke Barberbuzz Senopati. Kalau dari segi online, akun Instagram kami lebih teratur, dikenal dan mendapat engagement sesuai yang diharapkan”, ujar Wina kepada FMB Partner.

BBS 7BBS 6

Kiri: @tysnasaputra. Kanan: Perlengkapan BarberBarbebuzz Senopati.

“Sebagai perintis UMKM, konsultan dengan multi-dimensi jasa seperti FMB Partner sangat membantu kami. Respons yang cepat, hasil yang memuaskan dan biaya yang ramah di kantong sangat membantu bisnis industri kreatif seperti Barberbuzz Senopati” jelas Wina.

Dengan hadirnya komunitas FMB Partner, kami pun mencoba membantu menjembatani Barberbuzz Senopati agar dapat bekerja sama dengan komunitas FMB Partner lainnya.

Adapun yang diharapkan oleh Wina adalah dapat lebih dikenal oleh komunitas dari industri lainnya. Wina juga menyukai apabila adanya informasi tentang bagaimana memasarkan produk lifestyle seperti barber place.

Sebagai penutup, kami bertanya kepada Wina tentang hal yang tidak banyak diketahui oleh orang banyak mengenai Barberbuzz Senopati. Wina menyampaikan, tidak ada satupun di keluarganya yang memiliki latar belakang ataupun dapat mencukur rambut. “Namun kami menyukai rileksasi dan penampilan yang rapi. We also think that a hairdresser can be taught with work, effort and attitude.”

Barberbuzz Senopati

Jl. Suryo No.48, RT.4/RW.4,

Senopati, Jakarta Selatan

 

Buka

Setiap hari

Senin – Kamis

12.00 WIB – 21.00 WIB

Jum’at – Minggu

10.00 WIB – 22.00 WIB

Kontak

Ardan

+62 81584551981

 

Fitur

Free Wifi,

Gadget Spot

Family Room

Real-time customer feedback

Add your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *