Writing down

Kerugian Jika Tidak Memiliki Nomor Induk Berusaha ‘NIB’ di 2019

Sejak Mei 2018, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI menerapkan aturan baru dalam bidang perizinan perusahaan. Aturan baru tersebut adalah Pasal 1 angka 12 Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (“PP 24/2018”), yang dijelaskan di dalamnya bahwa Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh Lembaga Online Single Submission (“OSS”) setelah pelaku usaha melakukan pendaftaran.

Aturan ini menganjurkan para pemilik usaha untuk segera mengurus NIB. Pasalnya, NIB merupakan “identitas” perusahaan Anda. Jika sudah memiliki NIB, Anda tidak perlu lagi mengurus izin perusahaan seperti Angka Pengenal Impor (API), dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Proses pengurusan NIB pun dapat dilakukan dengan mudah dan cepat secara online.

Adapun OSS yang digunakan untuk NIB merupakan langkah pemerintah dalam mempersingkat proses birokrasi mengurus izin usaha. Melalui sistem perizinan berbasis dalam jaringan ini, seluruh proses pengurusan berkas izin perusahaan dilaksanakan secara transparan dan terintegrasi.

Nantinya, OSS akan memberikan NIB serta permohonan komitmen kepada pemilik perusahaan untuk melengkapi proses perizinan selanjutnya. Jadi, dapat dikatakan, NIB merupakan “modal awal” untuk meringkas proses perizinan yang dulu terkesan rumit karena pemilik usaha harus mengurus sejumlah dokumen yang berbeda sesuai dengan bidang usaha.

Adanya NIB dapat menghilangkan risiko kerugian usaha yang dapat Anda hadapi seperti:

  • Pengurusan izin perusahaan yang dilakukan secara terpisah.
  • Banyaknya waktu yang terbuang dalam pengurusan perizinan secara konvensional.
  • Dokumen perusahaan yang banyak lebih mudah hilang dan tercecer.

Sebelum mengurus NIB, pelaku usaha tentu sebelumnya perlu mendirikan badan usaha yang diinginkan seperti PT, CV, dan jenis badan usaha lainnya dan membuat Akta Pendirian Perusahaan serta SK Kemenkumhan-nya. Untuk konsultasi perizinan usaha yang Anda butuhkan dan bila ingin menjalankan bisnis tanpa kendala, FMB Partner siap membantu Anda, silakan sapa kami di +62 899 6777 879 atau email: admin@fmbpartner.com dan dapatkan tawaran menarik.

Find our newest updates on FMB Partner official social media:

Facebook Page

Instagram Page

Add your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *