Asian woman and chalk money tree drawing on blackboard.

Cara Cerdas Mengelola dan Menyimpan Uang

 

Meskipun Anda terhitung millenials ataupun tidak, baik masih merintis ataupun sudah sukses, sebelum Anda mulai membuat uang dari bisnis, penting untuk Anda mencari tahu bagaimana cara mengelola keuangan seperti: menerima pembayaran, menerapkan syarat & ketentuan pembayaran tersebut, dan mengelola keuangan Anda yang tepat.

Ilustrasi: My Domaine

Untuk itu dengan artikel ini, terdapat beberapa hal yang akan membantu:

  1. Mendapatkan bayaran

Mendapatkan bayaran dapat menjadi rumit karena Anda harus mengelola operasional bisnis dan juga menjaga arus uang Anda dengan lancar. Pemahaman atas cara mengelola keuangan  yang tepat waktu harus menjadi prioritas, bahkan jika Anda memilih untuk menyewa seorang akuntan atau pembukuan untuk mengelola keuangan Bisnis Anda. Anda masih perlu untuk membiasakan diri dengan pembukuan dan pengelolaan uang prinsip-prinsip dasar dan kegiatan seperti memahami kredit, membaca laporan bank dan formulir pajak, dan membuat evaluasi piutang dan hutang.

Anda juga harus memberikan pertimbangan hati-hati dengan pilihan cara pembayaran pelanggan Anda, termasuk uang tunai, cek, kartu debit, kartu kredit dan pilihan pembayaran online, serta membangun syarat pembayaran dan penagihan utang jika terjadi gagal bayar.

  1. Membuka Rekening Bank

Setelah memilih nama dan mendaftarkan bisnis Anda, Anda akan perlu untuk membuka rekening bank komersial sebagai salah satu dasar cara mengelola keuangan. Menyiapkan rekening bank bisnis mudah. Mulailah dengan memilih bank yang Anda memberikan Anda kemudahan dalam berbisnis. Pada umumnya pada saat , Anda membutuhkan identifikasi pribadi serta identifikasi bisnis Anda kertas pendaftaran dan izin usaha, karena ini biasanya diperlukan untuk membuka rekening bank komersial. Langkah berikutnya adalah untuk deposit dana ke rekening baru Anda.

Jika Anda memiliki kredibilitas yang bagus di mata bank, Anda juga perlu meminta bank untuk melampirkan jalur kredit ke akun Anda, yang dapat sangat berguna ketika melakukan pembelian untuk bisnis atau selama periode penjualan melambat untuk menutupi biaya overhead hingga bisnis Anda naik kembali. Juga pastikan untuk bertanya tentang rekening kartu kredit merchant, rekening debit, dan layanan bisnis kecil lainnya.

  1. Pembukuan

Dasar berikutnya dalam cara mengelola keuangan ialah ketika tiba saatnya untuk menyiapkan buku keuangan Anda, Anda memiliki dua pilihan – melakukannya sendiri atau menyewa seorang akuntan atau admin bagian pembukuan. Anda mungkin ingin melakukan keduanya dengan menjaga buku-buku Anda sendiri dan menyewa seorang akuntan untuk menyusun laporan keuangan akhir tahun dan formulir pajak. Jika Anda memilih untuk menyimpan buku-buku Anda sendiri, pastikan Anda mengerti tentang prinsip-prinsip dasar akuntansi karena bila tidak maka investasi dalam perangkat lunak akuntansi seperti Zahir atau Accurate akan menjadi hal yang tidak terpakai. Namun bila Anda memiliki pemahaman yang cukup atas akuntansi maka program software akuntansi memberikan kemudahan untuk Anda seperti membuat faktur, melacak saldo rekening bank dan informasi merchant account, dan melacak hutang dan piutang.

Ilustrasi: Investopedia

Jika Anda tidak yakin tentang kemampuan pembukuan Anda bahkan dengan bantuan perangkat lunak akuntansi, Anda mungkin ingin menyewa akuntan untuk melakukan buku Anda secara bulanan dan akuntan untuk mengaudit buku-buku triwulanan dan menyiapkan laporan bisnis akhir tahun dan pajak kembali. Untuk menemukan seorang akuntan atau pembukuan Anda dapat menghubungi FMB Consultant.

Demikian artikel “Cara Cerdas Mengelola dan Menyimpan Uang” bagian pertama. Follow our blog and LinkedIn for more updates!

Add your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *