Pajak Siaga Satu

Begini Prosedur Penggabungan NPWP Suami Istri

Wajib Pajak (WP) Istri datang ke KPP Terdaftar secara langsung, melalui pos, jasa ekspedisi atau jasa kurir setelah mengisi formulir penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Lampirkan:

  1. fotokopi buku nikah atau dokumen sejenis; dan
  2. surat pernyataan tidak membuat perjanjian pemisahan harta atau penghasilan, atau
  3. surat pernyataan tidak ingin melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya terpisah dari suami.

Ketika NPWP istri sudah terhapus, secara otomatis NPWP suami dan istri bergabung menjadi satu. Demikian, pajak juga mengakomodasi kondisi jika memang istri menanggung suami dan anak, maka status PTKP istri dapat menjadi K/- dengan syarat tertentu.

Berikut adalah referensi NPWP bagi Istri (Wanita Kawin):

Apabila Anda seorang wanita kawin yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas, kewajiban untuk mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP terbagi menjadi dua kategori, yaitu:

1. Wanita kawin yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas dan melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari suami karena:

a. Hidup terpisah berdasarkan keputusan hakim;

b. Menghendaki secara tertulis berdasarkan perjanjian pemisahan penghasilan dan harta; atau

c. Memilih melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari suaminya meskipun tidak terdapat keputusan hakim atau tidak terdapat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta.

Apabila Anda termasuk dalam kategori ini, maka anda wajib untuk mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP. Anda wajib mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP paling lambat 1 (satu) bulan setelah saat usaha, atau pekerjaan bebas nyata-nyata mulai dilakukan.

2. Wanita kawin yang tidak menghendaki untuk melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan terpisah dari suami.

Apabila Anda termasuk dalam kategori ini, maka Anda harus melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan menggunakan NPWP suami.

Untuk Anda yang sebelum menikah atau karena sebab lainnya telah memiliki NPWP namun saat ini (dalam status menikah) tidak berkehendak menjalankan hak dan kewajiban perpajakan secara terpisah dengan suami, Anda dapat mengajukan permohonan penghapusan NPWP.

Bingung dengan segala urusan pajak baik pribadi dan bisnis Anda? Tidak ingin ada kendala dalam perhitungan dan pelaporan pajak? FMB Partner siap membantu Anda, silakan sapa kami di +62 899 6777 879 atau email: admin@fmbpartner.com

_

Find our newest updates on FMB Partner official social media:

Facebook Page

Instagram Page

Add your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *