4-Kesalahan-Fatal-dalam-Branding-oleh-FMB

4 Kesalahan Fatal dalam Branding dan Cara Menghindarinya

Perusahaan seringkali banyak menghabiskan waktu dan uang untuk mendirikan brand mereka. Kenyataan pahitnya ialah kesalahan sederhana dalam branding dapat menyabotase bahkan brand terkenal sekalipun.

Semua kesalahan branding tidak terjadi karena hal yang sama. Kesalahan dapat terjadi secara sengaja dan tidak sengaja. Bagaimanapun, jika Anda baru saja memulai, akibat yang ada dapat terjadi lebih serius daripada bisnis yang sudah berkembang, karena peluang yang ada adalah, Anda tidak memiliki apapun saat bisnis jatuh.

Bagi konsumen potensial Anda, kesahalan yang ada seringkali menjadi satu-satunya hal yang mereka tahu tentang bisnis Anda, yang mana dapat menghalangi perkembangan bisnis bahkan sebelum Anda memulainya.

Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan umum dalam branding yang dapat membunuh brand Anda.

1. Branding tanpa fokus pada pengalaman

Tanpa keraguan, memiliki brand yang kuat selalu menjadi keuntungan. Hal ini dapat menciptakan persepsi positif di kalangan konsumen Anda dan sangat mudah untuk dijual.

Bagaimanapun, banyak yang menyimpulkan brand hanya berperan sebagai logo, kampanye iklan atau estetika pada kemasan produk. Pada akhirnya, brand Anda adalah emosi atau perasaan yang dirasakan konsumen saat memikirkan produk Anda.

Sementara branding dapat menciptakan persepsi positif  mengenai produk Anda, pengalaman konsumen Anda dengan produk akan menjadi lebih penting. Untuk meningkatkan fokus pengalaman konsumen, jadilah tepat waktu dalam menyelesaikan masalah pelayanan konsumen. Baik itu menerapkan live chat pada situs laman Anda atau menjawab posel (e-mail) dalam waktu 24 jam, tetapkan sistem yang menempatkan konsumen sebagai nomor satu.

2. Tidak menggunakan disainer profesional.

Tidak ada yang dapat mencelakai brand lebih dari logo amatiran. Tidak peduli seberapa SETUJU Anda untuk disain grafis logo standar yang digunakan brand Anda, alangkah baiknya untuk selalu menyiapkan waktu dan uang untuk menggunakan jasa profesional disainer grafis yang khusus menangani branding dan pengembangan logo.

Tanya disainer Anda untuk menciptakan panduan gaya brand yang menjelaskan palet warna, tipografi, gaya tampilan, perumpamaan, dll., sehingga Anda dapat menerapkannya secara konsisten pada semua kanal marketing Anda.

Selalu ingat bahwa untuk menciptakan panduan gaya (style guide), Anda baru separuh jalan. Anda perlu proaktif mengawasi panduan tersebut digunakan hanya atas nama / persetujuan Anda.

3. Inkonsisten pada setiap platform yang berbeda.

Saat disainer Anda membuat panduan brand style, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengikutinya secara konsisten pada semua kampanye pemasaran Anda di semua kanal yang dimiliki, termasuk situs web, situs jejaring sosial dan bahan-bahan yang dicetak.

Jika Anda tidak konsisten, brand Anda akan berakhir dengan terlihat tidak profesionak dan kehilangan identitas, membuat brand Anda kehilangan kepercayaan. Mengatur konsistensi brand pada semua kanal pemasaran akan membedakan Anda dari pesaing dan membantu Anda untuk mempercepat perkembangan brand. Identitas yang konsisten pada brand Anda tidak hanya membentuk rasa kepercayaan dan kenyamanan untuk konsumen yang berpotensi, melainkan juga berperan vital dalam memengaruhi konsumen Anda untuk membuat keputusan pembelian.

4. Menggunakan saduran samar untuk menjelaskan brand Anda.

Terlalu banyak brand menjadi korban dari copywriting yang dikerjakan asal dan tidak cocok untuk menjelaskan bisnis yang ada. Menggunakan saduran samar untuk menjelaskan brand Anda dapat menjadi kemunduran besar saat memposisikan brand Anda di pasar dan saat membedakan Anda dari para pesaing. Untuk membuat brand Anda menonjol, pahami satu hal yang dapat membuat brand Anda unik dan jelaskan keunikan itu dengan jelas dan tepat.

Meringkas memang pekerjaan yang sulit, namun Anda selalu dapat mengikuti nasihat pemasaran lama untuk melakukan copywriting–fokus pada keuntungan, bukan fitur / layanan.

Berikut adalah beberapa informasi tambahan yang dapat membantu Anda saat menjelaskan brand Anda:

  • Untuk membuat persepsi positif, cari tahu apa yang membuat konsumen Anda tersentuh, dan cobalah untuk menggerakkan hati mereka.
  • Hindari penggunaan pengulangan bahasa.
  • Gunakan nada bicara seperti dalam percakapan untuk mencerminkan bagaimana konsumen Anda sesungguhnya berbicara.

Satu kesalahan dapat mencelakai usaha branding Anda. Jika tidak diselesaikan secepatnya, maka akan semakin sulit untuk membalikkan keadaan atau usaha branding Anda. Jika Anda mendapati diri sedang melakukan kesalahan-kesalahan di atas, maka Anda harus segera memperbaikinya sebelum hal tersebut menggerogoti brand bisnis Anda.

Bila Anda memerlukan jasa layanan branding; logo development, social media activity, website development, dll., FMB Consultant memiliki konsultan branding yang berpengalaman dan telah menangani branding baik untuk individual profesional dan perusahaan lintas industri di Indonesia.

Untuk diskusi dan konsultasi lebih lanjut, Anda dapat hubungi:

Managing Partner,

Ivan Liyanto
ily@fmbpartner.com
+62 899 6777 879

Client Management,
admin@fmbpartner.com

Ikuti kami di akun resmi media sosial FMB Consultant:

LinkedIn

Facebook Page

Instagram Page

Disclaimer:

Artikel ini diterjemahkan dan disunting oleh penulis dari The Entrepreneur.

Add your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *