nuts-pistachio-dry-roasted-without-salt-added-nutrition-self-a-super-easy-hack-for-making-extra-special-ice-pops-play_nutritional-value-of-dry-fruits_molecular-weight-no-what-vitamins-spe

4 Cara Membangun Kepercayaan dengan Konten Autentik

Saat membicarakan branding, sekarang ini kita banyak mendengar dengungan kata kunci “Asli”, “Autentik” atau “Authentic“. Tetapi, apa sebenarnya maksud kata tersebut? Bagaimana brand Anda dapat menjadi autentik, terutama pada content marketing-nya?

authenticity-seal

Arti autentik yang sebenarnya bagi Anda

Karena kata autentik terlalu samar, sehingga rasanya sulit untuk menjelaskan, namun hal ini dapat diambil sebagai menciptakan nilai untuk khalayak tanpa motif-motif tersembunyi. Sudah pasti, bahwa Anda ingin konsumen yang lebih banyak. Konten Anda tidak harus selalu terlihat sedikit beriklan, sebaliknya, Anda harus berikan informasi yang bermanfaat untuk konsumen dan calon konsumen Anda. Anda tidak sedang mencoba untuk menjadi brand yang bukan Anda sebenarnya. Anda harus tetap jujur dan sejalan dengan visi perusahaan Anda dan menunjukkannya melalui konten Anda.

Menjadi asli, autentik bukan berati melakukan gimmick atau sesuatu yang gila seperti Burger King Amerika yang meretas halaman utama Google dengan iklannya. Autentisitas sama sekali bukan berarti pencari-perhatian atau off-the-wall. Melainkan, nyata dan nyaman. It’s real. It feels comfortable.

Lalu, bagaimana Anda dapat membangun kepercayaan “trust” melalui konten asli atau autentik?

1. Pahami Khalayak Anda

Hal ini adalah satu dari sekian banyak tip yang selalu ada di artikel-artikel pemasaran, karena sebenarnya memang tidak ada yang lebih penting dari, bersungguh-sungguh memahami konsumen Anda. Apa yang mereka pentingkan? Apa saja pertanyaan mereka yang dapat Anda jawab melalui sebuah konten? Bagaimana meyakinkan mereka akan nilai brand Anda yang sesungguhnya?

Anda akan menyadari bahwa tidak ada satupun dari pertanyaan-pertanyaan tersebut yang berkaitan dengan produk Anda. Memahami konsumen Anda adalah sebagian dari menjadi panutan masyarakat. Lebih banyak bertanya dan mendengarkan orang lain ketimbang hanya membuat asumsi-asumsi dan bicara saja.

2. Buka dulu Topengmu

Bukan hanya menjadi judul lagu, banyak brand yang menggunakan ‘topeng’ agar terlihat lebih profesional. Mereka tidak melihat pentingnya membiarkan para konsumen berada di jantung bisnis mereka. Namun, seringkali itu adalah bagian dari cerita Anda, dan cerita Anda-lah yang orang inginkan.

Bila Anda memiliki ide untuk bisnis Anda saat tidak sengaja terpleset di tangga, mengapa tidak berbagi cerita yang sangat manusiawi tersebut? Bila setiap hari Jumat para karyawan Anda berseragam seperti laiknya pahlawan super, itu adalah visual yang sangat baik yang dapat mengubah perusahaan Anda menjadi sekumpulan yang lebih ‘manusia’. Jangan jauhkan diri dari khalayak Anda; sebaiknya, berbincanglah dengan mereka.

3. Jadi Konsisten

Jika Anda melihat kesuksesan dalam tulisan yang sangat panjang, mendalam, teruskanlah perjuangan Anda. Atau saat orang-orang tiba-tiba menggilai tips harian Twitter Anda, cucilah tulisan Anda, keringkan, dan ulangi hingga menjadi sebuah konsistensi. Orang-orang akan mulai memercayai brand Anda saat mereka tahu apa yang mereka harapkan dari Anda, jadi buatlah konsistensi sebagai kunci ketimbang menjadi berantakan dan bereksperimen pada apa yang akan menjadi tren.

4. Berani Menghadapi Kesalahan

Karena brand juga dibuat oleh manusia, dan jelas bahwa manusia pasti berbuat kesalahan, maka itu sangatlah manusiawi. Entah itu kesalahan dalam mengeja pada tulisan blog Anda, atau kesalahan informasi yang Anda bagikan, jangan pernah menutupi kesalahan dengan balasan dingin dari perusahaan. Minta maaflah, (“Ups! Ada yang salah. Kami mohon maaf.”) kemudian beranjaklah.

Menjadi asli atau autentik sederhananya adalah menjadi jujur kepada sifat alami brand Anda. Harus terasa organik dan ringan.

nuts-pistachio-dry-roasted-without-salt-added-nutrition-self-a-super-easy-hack-for-making-extra-special-ice-pops-play_nutritional-value-of-dry-fruits_molecular-weight-no-what-vitamins-spe

Bila Anda sudah, baru saja, ataupun sedang menjalani bisnis, tentu sekarang ini Anda memerlukan konten pemasaran yang ideal dan sejalan untuk mendorong brand Anda. Konten pemasaran yang ideal akan menyentuh target khalayak yang tepat dan branding yang terpercaya. Namun bila Anda terlalu sibuk dan belum memiliki karyawan yang dapat membuat konten pemasaran sesuai yang diinginkan, FMB Consultant menyediakan berbagai jasa layanan branding untuk bisnis Anda; corporate identity, branding exercise, website development, business proposal, digital placement, content management dan social media activity.

Untuk pertanyaaan lebih lanjut mengenai layanan kami, Anda dapat menghubungi kami di:

Ivan Liyanto,
Managing Partner
P: +62 899 6777 879
E: ivan@fmbconsultant.com

Client Management
P: +62 21 390 8310
E: admin@fmbconsultant.com

Ikuti blog dan media sosial kami untuk artikel-artikel terbaru!

Website

Official LinkedIn Page

Official Facebook Page

Artikel ini diterjemahkan dan digubah oleh FMB Consultant dari PRNewswire.

Add your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *